Musim liburan akhir tahun akan membuat rumah Anda mungkin tampak kacau, banyak makanan, banyak minuman dan banyak hadiah atau belanja baru. Bahkan mereka yang menganggap diri mereka minimalis untuk sebagian besar tahun mungkin menemukan bahwa mereka telah mengumpulkan lebih banyak hadiah, dekorasi, dan perlengkapan kue daripada yang mereka tahu apa yang harus dilakukan pada akhir Desember.

Setelah liburan jadi waktu yang ideal untuk memilah-milah barang-barang Anda, merapikan barang-barang, dan menyumbangkan apa yang tidak lagi Anda butuhkan. Anda paling tahu apa yang perlu diatur di rumah Anda, tetapi jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mulailah dengan mengumupulkan sembilan barang berantakan seperti dilansir dari laman Real Simple berikut ini.

9 Barang yang harus dirapikan usai liburan Tahun Baru

1. Dekorasi liburan

Tunggu, sebelum Anda mengemas karangan bunga, ornamen, dan menorah itu dan menyimpannya untuk satu tahun lagi, evaluasi simpanan Anda. Jika ada dekorasi yang sudah bertahun-tahun tidak Anda gunakan atau rusak, mungkin sudah saatnya untuk membuangnya.

2. Perlengkapan kue

Panci, piring pai, atau pemotong kue yang ada di dapur Anda, setelah tahun baru sudah saatnya Anda menyortir dan merapihkan apa yang tidak Anda butuhkan. Anda bisa menyumbangkannya atau bisa memberikan kepada yang membutuhkan.

3. Kotak masuk email Anda

Betapa banyak email yang masuk ke kotak masuk email Anda. Jika Anda menerima begitu banyak email dan Anda tidak mau membukanya, maka luangkan waktu untuk menghentikannya, atau menghapusnya, sehingga kotak masuk Anda sepanjang tahun ke depan menjadi lebih ringan.

4. Mainan Anak-anak

Jika Anda tidak bisa lagi melihat lantai di kamar atau ruang bermain anak Anda karena tertutup mainan, saatnya untuk merapikannya. Jika mereka sudah cukup besar, biarkan anak-anak Anda menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan. Buat aturan—seperti untuk setiap mainan yang mereka simpan, mereka juga menyumbangkan satu—dan bantu mereka memilah-milah koleksi. Jika mainan dalam kondisi baik, memberi tahu anak Anda untuk menyumbangkannya ke anak lain yang benar-benar dapat menggunakannya. Sebelum menyumbang, pastikan untuk mencuci mainan dan memeriksa pedoman di organisasi tempat Anda menyumbang.

5. Gaun dan pakaian liburan

Mungkin banyak gaun atau pakaian liburan yang belum sempat Anda pakai sehingga Anda berpikir untuk terus menyimpannya hingga ada waktu untuk memakainya. Anda lupa bahwa pakaian bisa saja menyempit dan ketinggalan tren sehingga menumpuk di lemari Anda. Setelah tahun baru Anda harus merapikannya dan pastikan hanya menyimpan apa saja yang akan Anda pakai.

6. Mantel dan aksesoris musim dingin

Anda mungkin memiliki perlengkapan musim dingin seperti mantel, topi, dan sarung tangan belum terpakai selama pandemi. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendonasikan sarung tangan yang masih dalam keadaan baik.

7. Kartu liburan, surat, dan pengemasan

Menyimpan kartu atau surat yang hanya digunakan untuk hal-hal yang sentimental sebaiknya tidak Anda lakukan. Sekarang saatnya Anda memasukkan kertas-kertas yang tidak perlu ke dalam kardus lalu mendaur ulangnya atau membakarnya.

8. Hadiah yang tidak akan digunakan

Menerima hadiah yang Anda tahu kemungkinan besar tidak akan pernah Anda gunakan kmendorong banyak dari kita untuk memegang barang itu karena rasa bersalah. Terkadang, butuh bertahun-tahun sebelum akhirnya kita melepaskannya (baik hadiah maupun rasa bersalah). Meskipun mungkin perlu untuk memegang beberapa dari hadiah ini, yang lain dapat disumbangkan atau dihadiahkan segera.

9. Makanan sisaJika liburan membuat lemari es Anda sedikit lebih penuh dari biasanya, inilah saatnya untuk membersihkan lemari es secara menyeluruh. Buang sisa makanan siap saji yang melewati masa jayanya (USDA merekomendasikan setelah 3 hingga 5 hari), sebelum mengganti semuanya. Di dapur, pertimbangkan untuk menyumbangkan makanan tahan lama yang akhirnya tidak Anda gunakan selama musim liburan, seperti saus cranberry kalengan atau sayuran kaleng ekstra.

SHELAMITA AZZAHRA | REAL SIMPLE