Sebagian besar orang masih mengira bahwa kecerdasan seseorang hanya bisa diukur melalui skor IQ atau tes kecerdasan lainnya. Namun, pada kenyataannya, aspek yang menandakan kecerdasan seseorang tidak terbatas pada itu saja.

Kecerdasan bisa dalam berbagai bentuk, termasuk kecerdasan spiritual, musikal, interpersonal hingga verbal. Untuk mengetahui ciri-cirinya, Anda hanya perlu mengenali beberapa hal yang bisa dengan mudah dikenali. Dilansir dari laman weforum.org, berikut ciri-ciri orang cerdas yang bisa Anda kenali:

1. Mudah Beradaptasi

Orang yang cerdas akan bersifat fleksibel dan mampu berkembang dalam situasi apapun. Mereka bisa membuat dirinya merasa nyaman pada lingkungan baru yang membuatnya harus memperkenalkan diri. Tak hanya itu, orang cerdas tidak terlalu mempedulikan kerumitan dan batasan-batasan yang mengganggu mereka.

2. Tidak Malu Mengatakan Tidak Tahu

Biasanya, orang yang pintar diidentikkan dengan pengetahuan luas dan serba tahu. Itu akan membuat orang-orang di sekitarnya menganggap bahwa mereka pintar. Namun, faktanya orang cerdas justru tidak malu untuk mengatakan bahwa mereka tidak mengerti dan tidak tahu. Hal itu karena dengan mereka mengatakan tidak tahu, maka mereka akan mempelajarinya. Orang cerdas tidak menyukai hal-hal yang manipulatif.

3. Mampu Mengajukan Pertanyaan yang Menggugah

Orang cerdas tahu bahwa memberikan pertanyaan yang bagus mampu menggugah jawaban yang menarik dan timbul diskusi baru. Umumnya, orang cerdas akan menghindari pertanyaan-pertanyaan biasa dan umum yang sering diajukan temannya yang lain. Hal itu karena mereka sudah tidak membutuhkan jawaban yang monoton dan tidak maju.

4. Berpikiran Terbuka

Mau menerima pandangan dan pendapat orang lain tanpa menyanggahnya adalah karakteristik dari orang cerdas. Mereka juga menyukai beragam solusi alternatif yang tidak berpaku pada satu nilai dan kepercayaan saja. Orang yang cerdas selalu terbuka dengan ide-ide baru yang memungkinkan adanya peluang menguntungkan bagi mereka.

5. Tertarik dengan Pengalaman Orang lain

Kecerdasan seseorang bisa tampak dalam bentuk emosional. Orang yang cerdas secara emosional akan senang mendengarkan cerita hidup orang lain, bahkan yang baru dikenalinya. Mereka mampu menyesuaikan diri dengan orang baru dan belajar hal-hal yang belum pernah dialaminya.

6. Selalu Skeptis

Mungkin bagi sebagian orang, bersikap skeptis atau selalu mempertanyakan hal-hal yang sudah benar-benar diyakini adalah sesuatu yang kurang baik. Namun, orang cerdas akan selalu meyakinkan kembali bahwa apa yang mereka terima adalah benar. Mereka tidak percaya dengan kebenaran tanpa bukti, sehingga apapun yang mereka terima tidak selalu ditelan mentah-mentah, mereka akan bertanya dan terus mencari tau.

Dengan mengenali berbagai ciri-ciri orang cerdas, Anda bisa mengetahui apakah Anda termasuk di dalamnya atau tidak. Kecerdasan memang tidak selalu diukur dengan skor, melainkan dapat dilihat dari bagaimana Anda beraktivitas dan memperlakukan sesuatu dengan cara yang Anda anggap sesuai dan memiliki hasil.

RISMA DAMAYANTI