Sebuah studi yang dilakukan Consumer Report atau CS di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mobil listrik sama sekali tidak dapat diandalkan.

Studi ini mengungkapkan, mobil listrik saat ini justru semakin menjadi sesuatu hal yang kompleks.

Mengutip Hindustan Times hari ini, Senin, 29 November 2021, Consumer Report mengatakan bahwa kendaraan listrik mendapatkan peningkatan dari sisi teknologi canggih, terlepas dari teknologi powertrainnya.

Mobil listrik modern hadir dengan sistem infotainment yang kompleks dan fitur teknologi umum.

Sistem infotainment dan fitur teknologi umum ini yang disebut membuat mobil listrik menjadi semakin kompleks. Di sisi lain, kendaraan listrik yang lebih murah cenderung menggunakan teknologi yang relatif lebih tua dan sederhana.

Sesuai temuan penelitian, Tesla menempati posisi kedua terakhir dalam peringkat keandalan merek. Mobil listrik Tesla Model Y diklaim jauh lebih buruk dari keandalan rata-rata dan Tesla Model 3 juga hadir dengan banyak masalah.

Hal tersebut menjadi contoh bahwa pada dasarnya mobil listrik terbukti dapat diandalkan seperti biasa, tetapi penambahan teknologi yang lebih baru dan canggih menyebabkan masalah.

Studi ini juga mengklaim bahwa merek mobil Lexus, Mazda, dan Toyota adalah perusahaan kendaraan penumpang yang paling dapat diandalkan. Ketiga pabrikan ini menawarkan beberapa model hibrida dan memiliki ketahanan yang kuat terhadap mobil listrik baterai.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES