Bisa jadi perhatian pada pembalap akan berhenti pada tahun ini. Pada World RX atau WRX 2022 akan muncul era mobil listrik dalam reli balap mobil tersebut.

Mata bakal tertuju pada mobil balap Prancis-Italia di barisan 14 mobil peserta World RX 2022.

Adapun saat ini, publik masih memperhatikan pembalap Swedia Johan Kristoffersson mengatasi defisit 17 poin dari rivalnya, Timmy Hansen, untuk merebut gelar juara dunia reli WRX keempatnya pada akhir pekan lalu.

Dikutip dari Autoblog hari ini, Rabu, 1 Desember 2021, tim WRX dari GCK Motorsport Prancis akan mengkampanyekan mobil balap Lancia Delta Integrale di seri siluet all-electric tahun depan.

Tahun lalu, perusahaan Prancis Green Corp Konnection (GCK) itu memulai debut mobil listrik Lancia Delta Evo-e, yakni Delta Integrale yang diperbarui dengan transplantasi powertrain listrik AWD dua motor.

GCK berencana memproduksi 44 unit mobil balap listrik Lancia Delta Evo-e, yang masing-masing mengeluarkan 197 tenaga kuda dan torsi 258 pon-kaki. Mobil listrik itu mampu menempuh jarak sekitar 124 mil dengan sekali pengisian dan transmisi lima kecepatan.

Perusahaan juga menyiapkan mobil pendukung untuk seri reli WRX tahun ini dengan mobil Lancia RX2e all-electric. Mobil listrik utamanya adalah RX1e yang akan meluncur pada balapan 2022.

Baik Lancia RX2e maupun RX1e menggunakan powertrain listrik buatan perusahaan Austria, Kreisel, berupa motor kembar yang seluruhnya menghasilkan 671 tenaga kuda dan torsi 649 pon-kaki.

Menurut GCK, mobil listrik balap Lancia RXie mampu melaju dari nol hingga 62 mil per jam dalam 1,8 detik di arena reli WRX.

JOBPIE | AUTOBLOG