Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi dalam tiga hari ke depan di banyak wilayah di Indonesia per Jumat 31 Desember 2021. Penyebabnya, pertemuan atau perlambatan kecepatan angin di atas wilayah-wilayah itu.

Faktor lainnya adalah sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera. “Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah itu dan juga di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” tulis peringatan BMKG, Jumat.

Daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin yang dimaksud terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Aceh bagian utara, dari Semenanjung Malaysia hingga Sumatera Utara, dari Laut Natuna Utara hingga Kep. Riau. Termasuk juga dari Samudra Hindia barat Sumatera Utara hingga perairan barat Sumatera Barat, dari Bengkulu hingga Laut Jawa bagian barat.

Sementara di wilayah Jawa, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga perairan selatan Jawa Timur, dan dari Laut Jawa hingga Laut Sumbawa. Di wilayah Kalimantan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Utara hingga pesisir timur Kalimantan Timur, perairan selatan Filipina hingga perairan utara Gorontalo.

“Serta di Pulau Sulawesi dan Papua, konvergensi terpantau memanjang dari perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Laut Banda, dari Maluku Utara bagian selatan hingga Pulau Seram, dan dari Teluk Cendrawasih hingga Papua,” tulis BMKG.

BMKG sebelumnya juga mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir atau banjir rob di wilayah selatan Jawa mulai Kamis lalu, hingga awal tahun depan. Peringatan itu terkait fenomena fase Bulan Baru. Pada saat yang sama, posisi bulan sedang berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi atau perigee.

Kondisi itu berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan. Beberapa wilayah yang telah memiliki potensi banjir rob itu meliputi Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran. Selain wilayah Jawa Barat, daerah lain yaitu Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.