Awal 2022 dimulai dengan optimisme sekaligus kekhawatiran. Ketika dunia ingin kembali ke kehidupan normal seperti sebelum pandemi, muncul varian omicron virus corona membuat orang kembali waspada. Banyak kantor yang menunda pemberlakuan work from office dan karyawan disarankan kembali kerja dari rumah.

Situasi ini mungkin membuat bingung karyawan. Jadi, inilah saran karier terbaik untuk menghadapi situasi kerja di awal 2022.

1. Jaga produktivitas

Ketika merasa kewalahan, selalu lebih baik melakukan sesuatu daripada tidak sama sekali. Secara tidak disadari ini akan menjaga tingkat produktivitas bahkan jika merasa seperti tidak melakukan apa-apa. Melakukan sesuatu, apa pun itu, membuat tenang di hari-hari selanjutnya.

2. Prioritaskan kesehatan

Belajar dari pengalaman dua tahun terakhir, kesehatan harus diprioritaskan daripada urusan lain. Perusahaan mungkin membutuhkan Anda, tetapi pekerjaan tidak akan optimal jika Anda tidak dalam kondisi terbaik. Maka tidak apa-apa meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri.

3. Belajar mengatakan tidak

Membuat atasan terkesan mungkin jadi keinginan semua karyawan, tetapi jangan sampai itu melewati batas kemampuan sehingga memberi tekanan sendiri. Belajarlah untuk mengatakan “tidak” ketika merasa tidak mampu secara fisik atau mental untuk melakukan sesuatu.

4. Gunakan bantuan

Jangan terlalu membebani diri sendiri dengan pekerjaan dan akhirnya membuat semuanya jadi lebih rumit. Gunakan bantuan aplikasi untuk mengatur pekerjaan, masukkan data tepat waktu, agar tidak lupa apa yang harus dilakukan dan kapan tenggat waktunya.

5. Berkomunikasi dengan senior atau atasan

Sebagian orang mungkin mengalami kendala komunikasi ketika bekerja dari rumah. Tapi itu bukan alasan pekerjaan tertunda karena teknologi sangat membantu. Jika memiliki keraguan, jangan ragu berkomunikasi dengan kolega, senior, atau atasan di tempat kerja. Ungkapkan semua secara transparan dan jelas agar tidak ada kemungkinan salah tafsir.

TIMES OF INDIA