Jalan Lingkar Waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur terimbun longsor yang mengakibatkan akses jalan terputus total. Akibatnya, ada puluhan wisatawan yang terjebak di objek wisata Ranu Gumbolo di sekitar kawasan itu.

“Ada sekitar 30 orang yang tidak bisa keluar. Mereka rata-rata adalah wisatawan dan pemancing yang sedang berwisata di Ranu Gumbolo, salah satu sisi waduk,” kata Camat Pagerwojo Hedik Iswanto, Jumat, 18 November 2021.

Untuk mengevakuasi puluhan wisatawan itu, petugas gabungan menyusuri jalan air karena akses jalan darat tertutup. Proses evakuasi disebutkan berlangsung dramatis karena para wisatawan dan pemancing sempat terjebak longsor selama beberapa jam.

“Tim gabungan dibantu sarana PJT (Perum Jasa Tirta) di site perkantoran PJT Waduk Wonorejo menggunakan perahu,” kata Hedik.

Kendaraan para wisatawan yang terdiri atas 25 sepeda motor dan satu mobil hingga Jumat malam masih di lokasi karena akses jalan terputus dan menunggu proses normalisasi menggunakan alat berat.

Longsor yang menyebabkan puluhan wisatawan dan pemancing terjebak longsor itu terjadi pada Kamis sore, 17 November 2021 setelah hujan mulai mengguyur siang hari. Akibat longsor yang menutupi seluruh badan jalan lingkar Waduk Wonorejo ini, akses warga dari Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo menuju Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo juga terputus.

Warga harus memutar lebih jauh melalui Desa Kedungcangkring, Kecamatan Pagerwojo. “Kira-kira sekitar empat kiloan,” kata Hedik.

Hedik memperkirakan penanganan material longsor paling lambat selama empat hari ke depan. Material longsor yang menutup jalan Lingkar Waduk Wonorejo terdiri atas lumpur dan air.