Kota Hamtramck termasuk kota di negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Kota ini dikenal sebagai kota dengan mayoritas penduduknya adalah muslim. Meskipun demikian, kota seluas lima kilometer persegi ini, memiliki sebutan sebagai kota “The World in Two Square Miles” atau Dunia dalam Dua Mil Persegi. Sebutan ini merujuk dari kondisi demografis dan budaya di Kota Hamtramck yang beragam.

Beberapa hal menarik dapat menjadi pertimbangan untuk mengunjungi Kota Hamtramck. Salah satunya adalah pelaksanaan festival kebudayaan yang berlangsung sepanjang tahun. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 festival yang hanya ada di Kota Hamtramck, Amerika Serikat.

Paczki DayPaczki Day atau Hari Paczki merupakan salah satu festival terkenal di Kota Hamtramck. Melansir dari hamtramck.us, nama festival ini diambil dari bahasa Polandia, yang bermakna donat. Paczki atau donat merupakan sebuah adonan yang digoreng dengan isian seperti selai buah atau krim manis dan pada bagian atasnya diberi gula bubuk.

Secara historis, festival ini merupakan perayaan bagi umat Katolik Polandia untuk makan semua makanan berbahan dasar gula, telur, dan lemak babi di rumah mereka sebelum Prapaskah. Saat ini, perayaan ini merupakan hari libur selama seminggu penuh.

Hamtrumck Labor Day Festival Melansir dari hamtownfest.co, festival ini pertama kali dilaksanakan pada 1980, bermula ketika penutupan Pabrik Dodge Main, sebuah pabrik yang menjadi sumber pekerjaan dan pendapatan penduduk Kota Hamtrumck kala itu. Untuk mengobarkan semangat penduduk sekaligus menunjukkan ke publik bahwa Kota Hamtrumck merupakan kota tangguh ketika menghadapi krisis, dicetuskanlah festival ini. Hamtrumck Labor Day Festival ini diinisiasi pertama kali oleh Walikota Robert Kozaren bersama para penduduk setempat.

Sebelumnya, perayaan ini dilaksanakan terpisah dengan hari buruh, tetapi saat ini festival ini dilaksanakan bersamaan dalam rangkaian perayaan Hari Buruh di Kota Hamtramck. Dalam festival ini selain terdapat tiga panggung live musik, juga terdapat kerajinan tangan, makanan dan lain-lain yang disediakan di dalam sebuah tenda.

Hamtramck Music FestivalFestival musik Hamtramck diadakan setiap tahunnya, tepatnya pada pekan pertama di bulan Maret. Sebagaimana dijelaskan dalam hamtramck.us, dalam perayaan ini menampilkan setidaknya 200 pertunjukkan yang berlangsung di lebih dari 20 tempat seluruh Kota Hamtramck. Acara ini sekaligus bentuk dedikasi band Kota Hamtramck menyumbangkan waktu mereka untuk mendukung badan amal musik lokal dan pendidikan musik untuk kaum muda.

NAOMY A. NUGRAHENI