Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa terkini yang bisa dirasakan terjadi di Saparua, Provinsi Maluku. Gempa berkekuatan Magnitudo 3,4 dirasakan pada pukul 02.05 WIB atau 04.05 waktu setempat, Jumat 31 Desember 2021.

Pusat gempanya berada di laut, 16 kilometer arah utara Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Kedalaman pusat gempa itu terukur 10 kilometer dengan guncangannya dirasakan terkuat pada skala III MMI, atau dirasakan di dalam rumah seakan ada truk melintas, di Saparua.

Gempa pada pagi itu adalah yang kedua yang dicatat BMKG setelah yang pertama pada dinihari, pukul 00.20 waktu setempat. Saat itu kekuatannya M3,3 dengan pusat gempa 13 kilometer arah timur laut Nusalaut. Kedalaman sama, 10 kilometer. Pun dengan intensitasnya, III MMI.

BMKG juga merekam dua kali gempa di Tarakan, Kalimantan Utara, dalam kurun kurang dari 24 jam. Setelah yang terjadi pada Kamis dinihari, pukul 02.09 waktu setempat, kekuatan 4,4 Magnitudo, gempa terkini terjadi tepat tengah malam tadi, lebih dua menit, dengan kekuatan M3,5. Pusat gempanya sama-sama berada di laut dengan guncangan yang dirasakan juga sama, yakni hingga skala III MMI.