Bagi banyak orang tanda-tanda penuaan terlihat lebih jelas. tak sedikit yang merasa kurang percaya diri karena kerutan di beberapa area wajah. Salah satunya area crow feet atau area sudut bagian luar mata yang terlihat jelas saat tersenyum.

Menurut doktet kulit Michelle Henry, botox dapat mengatasi kerutan di area crow feet. “Ini dapat melembutkan otot orbicularis oculi, yang merupakan otot yang kontraksinya menyebabkan kaki gagak,” ujar Henry seperti dilansir dari laman Instyle. “Dengan melembutkan konstruksi ini, kami mengurangi hambatan otot pada kulit, dan oleh karena itu, kami mendapatkan garis lembut yang lebih lembut di sekitar mata.”

Lama efek botox tergantung pada berapa banyak unit yang Anda dapatkan dan seberapa cepat tubuh Anda memetabolismenya. Dr Henry biasanya menggunakan antara delapan dan 24 unit, dan mengatakan hasil biasanya berlangsung antara tiga sampai empat bulan.

Seperti kebanyakan prosedur kosmetik, risiko lebih minimal jika Anda pergi ke ahli yang terampil. “Jika disuntikkan secara tidak benar dan terlalu dekat dengan beberapa otot mata, yang menggeser mata dan membantu memposisikan pandangan kita, Anda bisa mendapatkan penglihatan kabur,” Dr. Henry memperingatkan. Dia menambahkan bahwa jika masuk ke kelopak mata, Anda berisiko mendapatkan kelopak mata yang naik-turun juga.

Karena kulit di sekitar mata lebih tipis daripada di area wajah lainnya, itu tidak terlalu menyakitkan seperti yang diperkirakan beberapa orang. Dr. Henry menunjukkan bahwa lebih sedikit tekanan yang perlu diterapkan pada jarum, dan jika krim mati rasa dioleskan ke area tersebut sebelumnya, ketidaknyamanan akan minimal.

Tergantung pada apa masalah dan tujuan kulit Anda, ada beberapa hal lain yang dilakukan untuk mengatasi kerutan di area sekitar mata. Jika terjadi penurunan volume, Dr. Henry dapat merekomendasikan untuk melengkapi Botox dengan beberapa filler untuk menambah area pipi lateral untuk lebih melembutkan garis yang mungkin mengalir di pipi. Dan, tentu saja, dia menekankan pentingnya penggunaan tabir surya setiap hari untuk mencegah peningkatan garis-garis halus dan kerutan.