Cocktail dan mocktail merupakan jenis minumam populer yang bisa ditemukan hampir di semua tempat, termasuk cafe, restoran, dan bar. Meski begitu, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui perbedaan keduanya.

Dilansir dari laman Batam Tourism Polytechnic, Selasa, 30 Maret 2021, cocktail dan mocktail memang memiliki tampilan yang mirip. Belum lagi penamaannya hanya berbeda satu huruf. Tak heran banyak yang menganggapnya sama.

Cocktail merupakan jenis minuman yang mengandung alkohol. Setidaknya cocktail harus mengandung satu minuman beralkohol, satu minuman manis, dan satu minuman asam atau pahit.

Jenis minuman ini biasanya dicampur dengan satu atau lebih komponen tambahan sehingga cocktail menjadi minuman beraroma kuat. Komponen tambahan itu bisa berupa air, gula, jus buah, madu, soda, dan sebagainya.

Sedangkan mocktail berasal dari bahasa Inggris “mock” yang berarti tiruan. Mocktail bisa dibilang mirip cocktail, hanya dalam versi tanpa alkohol.

Mocktail adalah jenis minuman non-alkohol yang dibuat dari campuran jus buah dan minuman ringan lainnya. Beberapa tambahan, seperti krim, herba, bahkan rempah-rempah bisa ditambahkan untuk membuat variasi mocktail yang berbeda.

Selain itu, kedua minuman ini memiliki cita rasa yang berbeda. kandungan alkohol membuat cocktail terasa lebih asam atau pahit. Sementara mocktail memiliki cita rasa manis menyegarkan karena menggunakan sirup dan sari buah sebagai bahan dasar.

Tapi, ada juga mocktail yang memiliki rasa asam atau pahit. Mocktail jenis ini biasanya merupakan hasil fermentasi atau karena sari buah yang digunakan.

Cara pembuatan kedua minuman ini juga berbeda. Cocktail dianggap lebih rumit karena harus mencampurkan beberapa jenis minimal beralkohol dan non-alkohol. Karenanya hanya orang profesional, seperti bartender dan mixologist saja yang dapat menyajikan cocktail karena mereka memiliki pemahaman terhadap mixologi atau ilmu meracik minuman.

Sedangkan pembuatan mocktail lebih praktis dan sederhana sehingga dapat dilakukan semua orang. Anda hanya butuh blender, shaker, atau sendok untuk mengaduk campuran sari buah, sirup, dan air soda.

Perbedaan terakhir kedua minuman ini terletak pada harga. Harga cocktail lebih mahal karena membutuhkan bahan-baham premium dan minuman beralkohol, seperti whisky, tequila, dan rum yang memang memiliki harga lebih mahal. Sedangkan bahan-bahan mocktail lebih terjangkau sehingga harganya pun menjadi lebih murah.

AMELIA RAHIMA SARI