Jika Anda ingin ganti ponsel dan berniat menjual ponsel lama, sebaiknya pastikan Anda tidak meninggalkan data pribadi Anda untuk pemilik baru. Dengan kata lain Anda harus memiliki salinan semua data pribadi Anda.

Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara menghapus sepenuhnya data pribadi dari ponsel sebelum menjualnya ke orang lain. Berikut adalah cara praktis memindahkannya dilansir dari laman techlicious.com.

Pertama, cadangkan data dan pengaturan Anda ke akun Google Anda. Kemudian simpan cadangan data aplikasi Anda, mulai dari kontak, entri kalender, Gmail, dokumen di Google Drive, bookmark browser web, foto Google+, dan lainnya ke akun Google Anda.

Jangan lupa, pastikan semua data Anda telah dicadangkan baru-baru ini dengan menuju ke Pengaturan akun, pilih akun Google, serta centang semua yang ingin Anda sinkronkan.

Langkah kedua, cadangkan foto dan video Anda. Bisa dengan mencadangkan ke cloud atau secara manual ke komputer Anda. Untuk mencadangkan ke cloud, Anda dapat menggunakan sejumlah opsi penyimpanan cloud. Sementara untuk mencadangkan foto dan video ke komputer, Anda harus menyambungkan ponsel ke komputer.

Kemudian cadangkan teks dan log panggilan Anda. Salah satu cara yang paling mudah adalah SMS Backup and Restore (gratis di Google Play). Aplikasi akan menyimpan pesan dan log panggilan Anda ke file yang dapat diunggah secara otomatis ke email, Google Drive, atau Dropbox.

Hal yang tak kalah penting adalah enkripsi data Anda. Dan setelah semua data Anda dicadangkan, saatnya untuk menghapusnya dari perangkat Anda. Untuk memastikan semua data Anda hilang, Anda harus melakukan lebih dari sekadar melakukan reset pabrik. Keutamaannya, jika seseorang ingin melihat data apa pun di ponsel Anda, mereka memerlukan kata sandi Anda untuk mendekripsinya.

Terakhir, jangan lupa menonaktifkan perlindungan reset pabrik. Caranya, Anda harus menghapus akun Google Anda. Pilih semuanya jika Anda memiliki lebih dari satu dari ponsel Anda. Kemudian buka pengaturan, pilih akun & sinkronisasi, menuju Google, lalu pilih akun Anda. Ketuk tiga titik untuk membuka menu dan pilih hapus akun. Dan jangan lupa lakukan reset pabrik, cukup buka pengaturan, kemudian cadangkan & setel ulang lalu reset data pabrik, lalu ketuk reset telepon.

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION