Ardina Rasti memilih di rumah saja setelah melahirkan anak keduanya, Awan Biru Araya, pada 30 Juni 2021. Dia terpaksa menolak tawaran syuting karena harus memperhatikan protokol kesehatan, selain itu dia juga masih fokus memberikan air susu ibu atau ASI ke anaknya.

Tapi aktris berusia 36 tahun itu memutuskan kembali bekerja karena peran yang ditawarkan dimainkan bersama suami, Arie Andika. Meski sibuk di lokasi syuting, bintang film Virgin itu berusaha menyiapkan ASI untuk anaknya yang ditinggal di rumah.

“Alhasil dilokasi shooting, suami @arieandika10 tetap bertindak jadi ‘Ayah ASI’ lagi deh hahaha, mulai dari bantuin siapin pompa asi, nyuapin pas lagi pumping sampai bantu nuangin asi-asi dan simpan di cooler bag,” tulis Rasti dalam unggahannya di Instagram, Jumat, 14 Januari 2022.

Unggahan tersebut memperlihatkan beberapa foto dia sedang memerah ASI di kursi, sementara suaminya mendampingi di sebelahnya. Di foto lain, Arie Andika tampak menyuapi Rasti karena kedua tangan Rasti memegang botol ASI.

“Saya salut luar biasa untuk seluruh buSui pekerja yang pastinya luar biasa lelah dan repot dalam menjalani kesehariannya, peluk erat penuh hormat dari saya,” dia menambahkan.

Dia juga memberi hormat kepada para suami dan keluarga ibu bekerja yang berusaha memberikan ASI kepada bayinya. “Mohon jangan lupa selalu sayangi, hormati dan support sebesar mungkin yaa untuk buSui hebatnya,” kata dia.

Bukan sekali ini aja Rasti membagikan aktivitasnya memerah ASI ketika keluar rumah. Beberapa waktu lalu, dia juga memerah ASI saat sedang melakukan perawatan rambut di salon. Jadi, ke mana pun pergi, dia harus membawa perlengkapan memerah termasuk pompa ASI, cooler bag, kantong ASI, bahkan camilan dan air mineral.

Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI meyarankan bayi diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya. Setelah itu, anak mendapatkan nutrisi tambahan dari makanan pendamping ASI atau MPASI. ASI sebaiknya tetap diberikan hingga usia anak berusia 2 tahun, bahkan dapat lebih lama bila bayi dan ibu masih menginginkan.

Ardina Rasti juga menyusui anak pertamanya, Anara Langit Adria Respati, 3 tahun, hingga dua tahun dan berencana melakukan hal yang sama dengan anak keduanya.